Sakit Perut Sebelah Kanan

Standar

MAKALAH MID SEMESTER 2

“ Sakit Perut Sebelah Kanan ”

Dosen Pengampu : Dr. A.M DIPONEGORO

 

                                                                                                                      Disusun Oleh :

Andi Irfhana Ardhi (09001037)

PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

YOGYAKARTA

2010

Definisi tentang “ Sakit perut sebelah Kanan ”

 

  1. A.  Di tinjau dari segi pengertian, sebab, dan kaitan dengan emosi :

Sebagaiman dalam sabda Rasulullah SAW : “ Sumber dari segala penyakit adalah perut, perut adalah gudang penyakit dan berpuasa itu obat”. (H.R. Muslim)

Perut kita adalah organ yang berongga, jadi didalamnya terdapat bermacam-macam organ yang terletak pada posisinya masing-masing, pada perut sebelah kanan dibagian atas terdapat organ Hati, Kandung Empedu, Ginjal, Usus kecil dan Usus Besar, sedangkan pada sbelah kanan di bagian bawah terdapat Usus Besar, Usus Buntu / Appendix, Saluran kencing, dan khusus pada wanita terdapat Saluran Indung Telur.

Jadi kalau kita mengalami nyeri perut di sebelah kanan, tinggal melihat bagian atas atau bawah, bila yang nyeri bagian atas, kemungkinan yang mengalami gangguan adalah organ-organ yang terletak pada bagian kanan atas tadi, diantara berbagai organ tadi, yang paling sering terjadi gangguan pada sebelah kanan atas adalah Gangguan Hati, Radang pada kandung empedu akibat adanya batu, serta kadang-kadang bisa terjadi radang usus kecil. Tetapi kalau tempat nyeri berada agak ditengah dan rasa nyerinya sampai menembus kebelakang, bisa-bisa organ Ginjal yang sakit.
Sedangkan bila nyeri timbul di sebelah kanan bawah, penyebab yang paling sering adalah radang dari usus buntu / Appendicitis, kemudian penyebab lain yang cukup sering adalah infeksi saluran kencing, atau pada wanita patut dicurigai adanya radang saluran indung telur.
Untuk membedakan antara usus buntu dengan infeksi saluran ialah :
Pada usus buntu gejala yang menyertai adalah demam, bisa juga disertai rasa mual sampai muntah dan kadang bisa juga disertai diare, biasanya nyeri yang timbul kuat sekali sampai si penderita selalu membungkukkan badannya karena menahan nyeri di bagian perut kanan bawah.
Sedangkan pada infeksi saluran kencing biasanya adalah sering kencing, rasa nyeri bila kencing, juga rasa perih pada waktu kencing, juga bisa disertai demam tinggi dan rasa mual muntah juga. Gambaran diatas untuk membantu mengenali apabila ada gangguan disekitar daerah tersebut, untuk memastikannya masih memerlukan pemeriksaan lain yang lebih teliti dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anda.

Macam-macam Sakit Sebelah Kanan

  1. MAAG Gejala: Rasa nyeri di derah uluhati, disertai keluhan lain seperti mual, muntah, perut kembung, cepat kenyang, dan bersendawa -terutama ketika Anda lapar
  2. BATU EMPEDU Gejala: Mereka yang memiliki batu pada kandung empedu biasanya merasakan nyeri ulu hati yang hilang timbul. Kadang kala, rasa nyeri itu seolah menjalar ke bagian belakang tubuh.
  3. USUS BUNTU Gejala: Nyeri pada perut bagian kanan bawah. Biasanya disertai mual dan muntah, serta nyeri terus-menerus.
  4. KOLERA Gejala: Perut Anda seperti ditekan, merasa nyeri terutama di perut bagian bawah, lalu diikuti kejang otot perut. Perasaan mual dan muntah-muntah biasanya datang setelah mencret. Kolera sering juga disebut dengan penyakit muntaber karena gejala utamanya adalah muntah dan BAB.
  5. BATU GINJAL Gejala: Nyeri pada perut kiri atau kanan bawah yang menjalar menuju penis. Jika batu ginjal ini menyerang, boleh jadi Anda akan mengalami rasa nyeri yang luar biasa hebat akibat saluran kemih (yang mirip selang) akan meregang kuat akibat menahan air seni yang tak bisa keluar.
  6. SEMBELIT Gejala: Nyeri pada perut yang hilang timbul, lokasinya berada di sekitar pusar. Nyeri ini muncul berkaitan dengan makanan yang Anda konsumsi atau akibat susah buang air besar.
  7. DISENTRI Gejala: Anda bisa 20 hingga 30 kali BAB, dan kotoran Anda akan mencret

Makan Berlebihan mengakibatkan timbulnya kecemasan

Tentang makan banyak, sebenarnya ibu hamil itu tidak harus makan banyak, yang penting makan cukup, bergizi seimbang, sehat dan bersih dengan jumlah kalori yang sesuai. Apalagi pada trimester pertama (sampai dengan usia kehamilan 12-14 minggu), biasanya ibu hamil masih mengeluh mual kadang-kadang disertai muntah sehingga sering mengeluh sulit makan, tidak perlu makan dalam porsi banyak sekaligus. Makanlah dengan porsi sedikit tapi sering. Mengapa? Karena pada trimester pertama, hormon-hormon kehamilan yang jumlahnya meningkat tajam tersebut menyebabkan pengosongan lambung terlambat sehingga lambung terasa cepat penuh dan begah. Bila diisi penuh-penuh, akibatnya adalah muntah.

 

Jadi, susah makan terutama akibat rasa mual dan tidak nyaman di ulu hati, bisa disiasati dengan makan sedikit tapi sering, misalnya tiap 2 jam. Kemudian, bila tidak ingin makan nasi, juga tidak perlu memaksakan diri makan nasi. Carilah alternatif lain pengganti nasi, misalnya singkong, kentang, mie, roti, sereal gandum dan bahan makanan lain yang mengandung karbohidrat. Makanlah makanan yang bervariasi. Untuk mengurangi mual, pilihlah makanan yang manis dan tidak mengandung minyak (goreng), jadi disarankan memilih makanan yang diolah dengan direbut, kukus atau panggang (oven). Terakhir, yang paling penting adalah motivasi ibu hamil untuk makan. Tanpa motivasi yang kuat, maka selamanya tidak akan mau makan.

B. PENYEBAB SEGALA PENYAKIT

Dalam waktu yang tidak lama toksin/racun akan dapatmenemukan jalan masuk kedal am darah, dan menyerang 3 (tiga) fungsi toksifikasi ;1. sistem pencernaan ( lambung , isi perut, usus kecil dan usus besar) 2. Sistem Penyaringan ( hati, kulit, rahim dan ginjal ). 3. Sistem Endokrin ( kelenjar pineal, kelenjar tymus, kelenjar adrenal, kelenjar tiroid/gondok, kelenjar pankreas dan kelenjar sex.

 

Penyerangan tersebut akan melemahkan badan yang menyebabkan anda mudah sakit, lesu, lemah dan terjadi penuaan dini, mempengaruhi fungsi sistem pencernaan, membahayakan kesehatan dan dapat menyebabkan sakit yang serius dalam jangka panjang. Para dokter percaya bahwa toksin-toksin yang terkumpul didalam tubuh adalah penyebab utama datangnya penyakit bukannya kuman-kuman. Bakteri atau kuman-kuman hanya berdampak ketika terlalu banyak sisa-sisa pembuangan (toksin) didalam tubuh kita sehingga menyebabkan tubuh kita lemah dan daya tahan tubuh menurun. Sumber penyakit manusia 90% berasal dari Usus (Kolon) yang tidak bersih/tidak sehat. Makanan yang dimakan tiap hari akan meninggalkan sisa pada permukaan dinding usus. Tumpukan sisa makanan mengendap dari waktu ke waktu yang akan menyebabkan toxid (bahan beracun). Selanjutnya toxid (bakteri, fungi, dan parasit) akan masuk ke dalam sistem peredaran darah sehingga menghasilkantoxin(racun)dalamdarah.

 

Sirkulasi yang berulang ini merupakan sumber timbulnya berbagai penyakit, antara lain : kanker, tumor, sembelit, wasir, jerawat, stroke, lumpuh, terlalu gemuk dan terlalu kurus, rematik, ngilu-ngilu, lupus, penyakit jantung, bintik-bintik penuaan, flek- flek pada wajah, haid tidak normal, menopause, dan penuaan dini, glukoma, penyakit liver (hati), masalah pada usus dan pencernaan, penyakit maag (lambung), kencing manis (diabetes), penyakit kulit dan alergi,insomnia,sulit,tidur.

C. Maag, Nyeri Ulu hati dan Kembung

Maag ataupun nyeri di ulu hati kerap datang dan menyerang siapa saja tanpa terkecuali baik orang tua maupun anak muda terutama bagi orang yang memiliki kebiasaan makan tidak teratur dan yang sedang mengalami stress. Oleh karena itu perlu kita kenali apa dan bagaimana tanda & gejalanya serta cara menanggulanginya.

Maag atau hyperacidity merupakan iritasi lambung yang muncul akibat berlebihnya produksi asam lambung. Maag dapat dipicu oleh kebiasaan makan yang tidak teratur, merokok dan stress.

Sedangkan nyeri ulu hati atau heartburn adalah sensasi terbakar di bagian atas perut ( di tengah dada) yang terjadi karena asam lambung yang berlebihan mulai bergerak naik menuju kerongkongan (esofagus).  Kembung adalah gangguan yang terjadi karena adanya gas dalam jumlah berlebihan di lambung atau usus. Akibatnya perut terasa kencang dan sakit. Pada bayi dan anak-anak hal ini sering menyebabkan mereka menangis terus-menerus, yang tidak dapat ditenangkan dnegan empeng, susu atau digendong. Munculnya gas ini dapat berasal dari minuman bersoda, makanan penghasil gas, makanan yang tidak dicernakan dengan baik, dan terlalu banyak menelan udara tanpa sengaja (tidur dengan mulut terbuka, banyak berbicara, banyak menangis) .

 

Daftar Pustaka

 

http//. google .com

www.AnneAhira “penyebab segala penyakit perut  ”. com

www. Wikipedia jimmy walles (lambung). com

About solomoncell

Nama : Fajar Miftahur Rohman Tempat dan Tanggal Lahir : Ngawi, 29 Mei 1990 Riwayat Sekolah: TK: Nawa Kartika NGAWI MI: MI AL-FALAH SMP: AL-IRSYAD SMA: AL-IRSYAD PERGURUAN TINGGI: UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Alamat Email: Miftah_fajar@yahoo.com Facebook: Fajar Miftahur Rohman Twitter: @solomoncell

4 responses »

  1. Met Siang dok, saya endang 32 tnh, laki laki. Dok saya mau tanya, perut saya sebelah kanan atas selalu kembung udah 1 minggu ini, kadang kadang sakit sepeti perih mual dan kalau malam suka ada bunyi rame di perut saya kenapa ya dok tenks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s