Dinamika

Standar

DINAMIKA TRAIT

          Dalam pembahasan mengenai trait, dinamika trait muncul sebagai salah satu klasifikasi trait. Dinamika dalam hal modalitas ekspresi sebagian besar terikat dengan tempramen. Bahasa mengenai dinamika trait sebagi motivasi secara spesifik,menganalisis asal-muasal penggerakan trait dan saling hubungan subsidiasi antara sikap,sentiment,dan sifat keturunan.

SIKAP ( ATTITUDE)

Sikap atau attitude bukan pandangan tentang sesuatu menolak atau menerima,tetapi sikap adalah  konsep tentang tingkah laku spesifik(Keinginan untuk bertingkah laku tertentu). Misal:monica ingin belajar bahasa perancis dengan teman sekelas tertentu,itu adalah sikap. Seperti semua attitude,pada peristiwa stimulus atau situasi tertentu (kurikulum bahasa prancis)Interest(intensita tingkat keinginan mengikuti kelas)Respond dan objek. Sikap itu kemudian akan berperan sebagai motivator tingkah laku (Belajar bahasa perancis).

Cattel memandang motivasi sangat kompleks dan alur kerja motif atau kisi-kisi dinamika.motif melibatkan semua attitude.tidak semua motif disadari.Motif itu tersusun dalam satu mata rantai,satu motif berada di bawah motif yang lain, ada motif yang diarahkan ke sub tujuan yang harus di capai sebelum mencapai tujuan sebelumnya. Ranatai subsidiasi dapat diungkap dengan pertanyaan “Mengapa?”

Motif-motif itu tesusun dalam satu mata rantai yang satu subsidiari  dari yang lain dan semuanya sering berakhir pada dorongan makan yang bersifat Pembawaan.

 

 

 

DORONGAN PEMBAWAAN

(ERG dari ERGON (YUNANI)  = KERJA ATAU ENERGI)

Dorongan atau motiv pembawaan oleh cettle di sebut ERG. Semua dorongan primer yang dibawa bersama kelahiran disebut ERG. Misal:Seks,lapar,haus,rasa ingin tau,marah dan motif lain yang biasa tidak hanya dimiliki manusia tetapi juga dimiliki oleh primata dan mamalia lainnya. Tidak seperti Psikoanalis yang menentukan drive apa saja yang di miliki manusia secara subjektif,Cattel kembali memakai analisis factor terhadap data T dari sampel anak-anak dan orang dewasa dari berbagai budaya Itu memetakan motifasi manusia secara matematis alih-alih secara logis.

Dari pendekatan statistik itu Cattel menemukan 10 ERG yang sebagian besar pada binatang. Traid dinamika itu ada semua budaya.Faktor ERG pada manusia Ekuivalen dengan pola insting binatang.Secara keselurahan peta Erg manusia terdiri 10 ERG independent,4 ERG yang di independensinya kurang jelas dan 2 ERG masih di pertanyakan nilainya sebagi factor hereditas.

 

SENTIMEN (SENTIMENT)

Sentimen sering disebut Cattel sems,persamaan dari “socially shaped ergic Manifold”(bermacam-macam ERG yang dibentuk secara social).Sentimen adalah organisasi struktur keseimbangan atitud,yang memperoleh enerji  dari ERG tetapi di bentuk oleh hasil belajar. Sentimen merupakan sumber motivasi yang penting karena kecenderungannya mengorganisir diri di sekitar intitusi social yang menonjol (missal Karir,agama) atau di sekitar orang yang penting (orang tua,pasangan,self) dia dibutuhkan oleh lingkungan sosial. Attitud adalah aksi atau keinginan melakukan aksi sebagai respon terhadap situasi tertentu,yang kalau di lacak asal-muasalnya akan sampai kedorongan primer bawaan – ERG. Tujuan antara ,ditengah-tengah antara attitud dengan ERG adalah sentiment.

 

Sebagai contoh dapat di paparkan sebagai berkut:

Pada kasus Monica,attitud yang muncul adalah hasrat yang kuat belajar bahasa perancis,dan erg dari attitud itu adalah lapar.peta jaringan yang menjembatani antara atitud dengan erg melibatkan berbagai sentiment.Misalnya:monica ingin mempertahnkan reputasinya sebagai mahsiswa teladan,adalh bgian dari sentiment self,dan motifasi belajr dengan teman tertentu berhubungan denga erg kesendirian.umumnya atitud subside terhadap sentiment dan sentiment subside terhadap erg namun sesungguhnya hubungn antara ketiganya bias berbalikan,tergantung stimulasi yang memicunya.hubungan itu di gambarkan dalam latise dinamik(kisi-kisi dinamik) dari cattel  Bisa berupa :

  1. beberapa sentiment dapat di subsidiasi dari satu erg,seblinya beberapa erg dapat tersubsidiasi ke satu sentiment.
  2. Beberapa attitude dapat disubsidiasi dari satu erg,sebaliknya beberapa erg dapat di subsidiasi dari satu attitud
  3. Sentiment yang satu subsider kepada sentiment yang lain,baik dalam bentuk subsidiasi tunggal maupun jamak.

 

KALKULUS DINAMIK ( Dynamic Calculus)

Tempramen,Traid,Abilitas dan motifasi di ukur tidak dalam pengertian sesuatu yang di miliki individu tapi lebih dalam pengertian tingkah laku. Cattell memakai konsep kalkulus dinamik suatu prosedur yang kompleks untuk menentukan kekuatan dan arah tingkah laku.dalam kalkulus dinamik Erg dan Sentimen di pandang sebagai akar dari semua motivasi dan di masukkan ke dalam persamaan tingkah laku (Behavior Equation) yang di pakai untuk meramalkan tingkah laku seseorang.persamaan itu memasukkan semua data tentang hubungan Traid,Erg dan Sentimen dengan situasi tertentu untuk menentukan respon seseorang.Misalnya pada kasus Monica,respon : mengikuti kelas bahasa Perancis,mempunyai 3 sentiment dan 5 Erg,yang masing-masing dalam situasi Monica sebagai mahasiswa Psikologi mempunyai nilai bobot yang berbeda.Traid yang relevan bobotnya besar dan Traid yang tidak relevan bobot nya 0,Traid yang menghambat respon bobot nya negative.dengan membandingkan nilai orang yang satu dengan yang lain dapat diperoleh siapa yang memiliki peluang sukses tertinggi pada masa yang akan datang dan angka-angka itu dapat di pakai untuk melakukan analisis individual,misalnya : melihat kelebihan dan kekurangan seseorang untuk merekonstruksi Traid menjadi Positivatau mengarahkan tingkah laku agar Traid yang positive dapat di manfaatkan sebesar-besarnya.

 

About solomoncell

Nama : Fajar Miftahur Rohman Tempat dan Tanggal Lahir : Ngawi, 29 Mei 1990 Riwayat Sekolah: TK: Nawa Kartika NGAWI MI: MI AL-FALAH SMP: AL-IRSYAD SMA: AL-IRSYAD PERGURUAN TINGGI: UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Alamat Email: Miftah_fajar@yahoo.com Facebook: Fajar Miftahur Rohman Twitter: @solomoncell

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s