Perkembangan kepribadian

Standar

PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN

TAHAPAN PERKEMBANGAN

 

  • Tahap Bayi (Infancy, 0-6 tahun)

Periode pembentukan yng terpenting dalam perkembangan kepribadian. Pada tahapan ini individu sangat di pengaruhi oleh orang tua dan saudara-saudaranya, dan secara alami dipengaruhi oleh pengalaman perolehan makan dan caranya membuang kotoran. Pengaruh-pengaruh tersebut membentuk sikap sosial, kekuatan euperego, perasaan aman dan tidak aman, sikap terhadap otoritas, dan kemungkinan kecenderungan neoritik.

 

  • Tahap Anak  (cbildbood, 6-14 tahun)

Ada awal kecenderungan menuju kemandirian dari orang tua dan meningkatnya

identifikasi dengan sebayanya, tetapi problemnya tidak besar, kalau dibandingkan dengan          periode sebelum dan sesudah nya.

 

  • Tahap Adolesen (Adolescence, 14-23 tahun)

Ini adalah periode yang paling menyulitkan dan menekan. Kejadian kelainan mental, neurosis, dan delinkunsi banyak muncul dalam periode ini.

 

  • Tahap Kemasakan (Maturity, 23-50 tahn)

Pada umum nya orang pada usia itu menyiapkan karir, perkawinan, dan keluarga. Kepribadian cenderung menjadi tidak mudah berubah, lebih mantap, kalau dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya.

 

  • Tahap Usia Pertengahan (Middel age 50-60/70 tahun)

Ada perubahan penyesuaian dalam kepribadian sebagai respon terhadap perubahan fisik,social, dan psikologikal. Kesehatan dan kekuatan semakin redup pada tahapan ini, begitu pula dengan daya tarik pribadi.

 

  • Tahap Tua (Senility, 60/70-mati)

Tahap final, malibatkan penyesuaian sejumlah kehilangan-kematian keluarga dan sahabat, pensiun, kehilangan status di masyarakat-mengikuti perasaan kesendirian dan tidak aman.

 

 

KETURUNAN DAN LINGKUNGAN

 

Cattell yang paling besar perhatian nya terhadap pengaruh relatif dari lingkunaan dan keturunan dikenal dengan nama analisis varian abstrak jamak.Dari penelitiannya, Catell menunjuan pentinnya peran keturunan pada beberapa tratis misalnya datanya mengungkapkan pengaruh keturunan terhadap kecerdasan kurang lebih 80%,dan kepuasan emosional kurang lebih 30%. Karena pengaruh keturunan terhadap trait kecerdasan sangat tinggi, membuat Cattell kuat berpihak terhadap teori kelahiran selektif yang akan menciptakan masyarakat cerdas.

 

Salah satu hasil penelitian yang peling menarik, ternyata banyak kolerasi negatif antara faktor keturunan dan linkungan. Dalam hal trait, ada kecenderunagan lingkungan tidak menghargai bahkan memaksa faktor keturunan untukn berubah/menyesusaikan diri. Hukum peaksaan ke Arah Rerata Sosial (Law of Coercion to Biosocial Mean). Ada banyak perantara social yang dapat berperan sebagai sumber pembentuk kepribadian, yang paling penting ialah keluarga.

Pranata- pranata itu dipengaruhi 3 cara:

  1. pembentukan karakter yang disegaja
  2. faktor situasi atau ekologi
  3. pola tingkah laku yang terbentuk dari cara pertama dan kedua

 

KECEMASAN

 

Cattell menekankan pentingnya kecemasan sebagai aspek kepribadian karena bahaya dampaknya tehadap fungsi fisik dan menral. Menurutnya, kecemasan itu bisa merupakan suatu keadaan sekaligus sifat dari kepribadian. Disisilain, ada orang yang terus menerus kronis cemas,yang berati cemas itu menjadi bagian atau faktor dari kepribadianya. Darisisilain faktor kecemasan ini, cattell mengidentifikasi kecemasan ternyata dipakai untuk menggambarkan sekurang-kurangnya lima macam/jenis perasaan lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

BELAJAR

Menurut Cattell ada tiga jenis belajar untuk tujuan pengebangan kepribadian:

  1. Kondisioning Klasik

Secara khusus digunakan untuk mengaitkan respon emosional dengan isyarat lingkungan.

  1. Kondisioning Instrumen

Belajar membentuk subsidiasi untuk memuaskan tujuan sadar erg. Kondisioning instrumen yang khas pada belajar kepribadian adalah belaar konfluen ,yakni belajar memperoleh kepuasan beberapa tujuan dengan melalui satu kegiatan kegiatan tingkahlaku.

  1. belajar terintegrasi

belajar memaksimalkan kepuasan total jangka panjang dengan memilih erg tertentu untuk diakspresikan seraya manahan atau mansublinasi erg yang lain

 

 

APILKASI

 

Ada beberapa instrumen asesmen kepribadian yang dikemukkan oleh Cattell,dan berkolaborasi dengan pakar-pakar lainnya.Hal ini dilatarbelakangi oleh konsep trait yang dipilah-pilah sehingga menberi kemudahaan untuk dikembangkan menjadi hipotesis operasional.

Berikut adalah instrumen yang masyhur:

1.16PF(Personality questinnaire):untuk mengungkapkan trait normal orang dewasa.

2.PSPQ(Pre-school personality questinnaire):untuk anak usia 4-6 tahun

3.ESPS(Erly-school personality questinnaire)untuk anak usia 6-8 tahun

4.CPQ(Child personality quetinnaire)untuk anak usia 8-12 tahun

5.HSPQ(High-school personality questionnaire)untuk remaja usia 12-18 tahun

6.CAQ(Clinical analysis questionnaire):mengungkap trait patologis.

7.MRQ(Marriage role questinnaire) :mengungkap kepuasaan seks,kebersaman,peran,dll

 

TEORI ABNORMALITAS

 

Cattell setuju tentang neorosis dan psikosis itu terjadi akibat adanya konflik yang tak terpecahkan dalam individu.kemudian mengembangkan teknik kuantitatif untuk membantu terapis mendiagnosis dan melakukan tritmen.

Cattell menyarankan kepada klinisian untuk mengukur besaran variabel-variabel,karena setiap konflik selalu ada ada atitude,erg dan sentimen.

 

NEUROSIS

 

Neurosis adalah Pola sesuatu yang ditunjukan oleh seseorang yang merasa diriya mengalami kesulitan emosional tetapi tidak menunjukan gangguan psikotik.

Cattell menemukan neurtik banyak berkembang yang berkembang pad keluarga yang penuh konflik.

Faktor-faktor penyumbang Neorotik

1.Kekuatan ego       :keterangan rendah.

2.Stabilitas emosi     :keteranagn rendah.

3.Autia                   :tinggi,cenderung menolak kebutuhan sosial kemudian mengubah ide sesuai fakta

4.Premsia               :tinggi,sanat peka emosinya dengan orang lain,tingkah laku berubah-ubah.

5.Surgensi               :rendah

6.Dominan              :rendah

7.Kecemasaan        :sangat tinggi,berhubungan dengan ketidak puasaan erg seks,dan agresi.

 

PSIKOSIS

 

Psikosis adalah bentuk gangguan mental yang berbeda dengan neorosis,dimana individu kehilangan kontak dengan relita dan membutuhkan perawatan untuk melindungi dirinya sendiri dengan orang lain.

Jadi perbedaan dengan neorotik adalah;psikotik tidak memiliki pemahaman terhadap masalahnya sendiri,tidak dapat merawat diri sendiri,dan mungkin membahayakan orang lain.

Menurut Cattell psikosis manis-depresif dan skizoprenia faktor keturunannya sangat besar.

 

PSIKOTERAPI

 

Cattell menyarankan pemakaian assmen sebagai sentral dari terapi.Asesmen dapat dipakai untuk melakukan diagnosis,kemudian  menentukan tritmen berdasarkan kelemahan apa yang harus diperbaiki.Data keras dari aseman dapat mengurangi bhkan menghilangkan subyektif terapi,menjamin bahwa kelakuan dari klien sudah dilakukan dengan sebaik-baiknya.Asesmen sebelum dan sesudah tritmn psikoterapi dapat dipakai untuk menilai keefektivan dan kemanjuran prosedur terapi.

Cattell tidak mengembangkan prosedur terapi secara khusus.Dia berpandangan eklektik,menerima berbagai pemahaman mendalam dari Freud maupun pengubahan tingkah laku dari behaviorism.Namun keduanya,terapi harus didasarkan dan dilakuan dengan terus menerus memanfaatkan asesmen.

 

 

EVALUASI

Metodologi,pengukuran,dan statistik merupakan kekuatan teori Cattell.Berbagai pendekataan penelitian yang unik diperkenalkan.Test untuk kelompok usia yang berbeda dikenakan kepada kelompok yang usia sama.Kalau hasilnya secara signifikan menunjukkan persamaan,itu adalah  bukti bahwa test tersebut sama-sama menukur agresi.Pengruh faktor genetik dan lingkungan diteliti dengan teknik MAVA(multi abstract variance analysis).

Kelemahan dari pendekatan ini justru pada permulaan dan pada akhir kegiatan,yakni hal dalam disain dan pemberian label faktor.

Hasil dari analisa faktor adalah Gabungan dari berbagai faktor yang maknanya berdekatan.Faktor baru itu harus diberi nama dan dibatasi apa saja muatan dari faktor itu.Pada analisis final ini Cattell ternyata memakai pendekatan yang subyektif.

 

 

About solomoncell

Nama : Fajar Miftahur Rohman Tempat dan Tanggal Lahir : Ngawi, 29 Mei 1990 Riwayat Sekolah: TK: Nawa Kartika NGAWI MI: MI AL-FALAH SMP: AL-IRSYAD SMA: AL-IRSYAD PERGURUAN TINGGI: UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Alamat Email: Miftah_fajar@yahoo.com Facebook: Fajar Miftahur Rohman Twitter: @solomoncell

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s